Tugas Resume Komunikasi

Nama: Silvi Mafrida Azzahra

NIM: 1130023032

Resume Komunikasi

pengertian komunikasi menurut para ahli lainnya yaitu:

a. Shanono dan Weaver, mereka mengatakan bahwa “Komunikasi itu merupakan suatu bentuk interaksi manusia yang saling mempengaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak sengaja ataupun tidak terbatas”.

b. Carl I. Hovland, dia mengatakan bahwa “ Komunikasi itu adalah proses yang memungkinkan seseorang (komunikator) dengan menyampaikan rangsangan untuk mengubah perilaku orang lain.

c. Judy C Pearson & Paul E Melson, mereka mengatakan bahwa “ Komunikasi itu merupakan suatu proses yang memamahami dan berbagi makna.

d. Anwar Arifin, dia mengatakan bahwa “Komunikasi itu merupakan suatu konsep yang multi makna. Makna komunikasi dapat dibedakan berdasarkan komunikasi sebagai proses sosial. Dimana para ahli ilmu sosial melakukan penelitian dengan menggunakan pendekatan komunikasi yang secara umum menfokuskan pada kagiatan manusia dan berkaitan dengan pesan perilakunya."

Setelah membaca beberapa pengertian komunikasi dari para ahli, saya menyimpulkan bahwa komunikasi pada dasarnya adalah upaya mengungkapkan sebuah perasaan atau pikiran untuk disampaikan, baik pada diri sendiri atau orang lain.

Tujuan berkomunikasi adalah untuk merubah sikap, pendapat, dan perilaku seseorang hingga sosial masyarakat seseorang sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh pemberi informasi.

Adapun fungsi komunikasi, yaitu sebagai sarana informasi, hiburan, dan bisa juga sebagai mempengaruhi atau mengajak orang lain. (kompas,2021)

Jenis-jenis komunikasi:

• Komunikasi Verbal.

• Komunikasi Nonverbal.

• Komunikasi Formal.

• Komunikasi Informal.

• Komunikasi Non Formal.

• Komunikasi Langsung.

• Komunikasi Tidak Langsung.

• Komunikasi Berdasarkan Maksudnya.

Beberapa faktor yang mempengaruhi komunikasi, diantaranya menurut Amirah (2013), adalah persepsi, nilai, emosi, latar belakang, peran, pengetahuan dan hubungan.

Contoh komunikasi seperti berbicara langsung, menulis surat/pesan, presentasi, membuat pesan suara

Komunikasi dapat dikatakan berhasil apabila sang penerima pesan memahami dan melakukan apa yang terdapat pada isi pesan.

Hal yang harus diperhatikan saat berkomunikasi adalah tujuan kita, para audiens juga memperhatikan keadaan lingkungan. 

Cara berkomunikasi yang baik: Komunikasi yang baik harus mampu menyampaikan inti pembicaraan secara lugas, efektif juga tidak bertele-tele. Bahasa tubuh yang paling umum dalam komunikasi adalah memperhatikan lawan berbicara. Perhatikan intonasi dalam berbicara agar tidak timbul kesalah pahaman.

Sekian resume yang membahas komunikasi ini. Pergi memancing bareng sula salam undur diri dari saya Wassalamualaikum wr.wb.











Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proses pelayanan ULC

kesempatan sertifikasi mahasiswa

lpks